Mengajar mempunyai nilai kebaikan yang tinggi di mata Tuhan

  • 0

Mengajar mempunyai nilai kebaikan yang tinggi di mata Tuhan

Category : Lain-lain

  1. Mengajar lebih baik dari sholat sunah 1000 rakaat. “Pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik dari pada shalat sunah seribu raka’at. dan kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah lebih baik bagimu dari pada shalat sunah seratus rakaat” (HR. Ibnu Majah).
  1. Pahala mengajar sama dengan berjihad. “Barang siapa yang datang ke masjidku ini (tempat belajar) dengan berniat hanya untuk belajar atau mengajarkan kebaikan, maka kedudukannya sama dengan orang yang berjihad di jalan Allah. Dan siapa datang untuk tujuan yang lain, maka ia seperti orang yang mendatangi barang orang lain” (HR. Ibnu Majah)
  1. Pahala mengajar sama dengan berhaji. “Barang siapa pergi ke masjid (sekolah) hanya untuk belajar tentang kebaikan ataumengajarkannya, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang berhaji secara sempurna”(HR. Thabrani).
  1. Mengajar adalah sodakoh. “Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguh nya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat”. (HR. Ar-Rabi’).
  1. Pahala amalnya tidak akan putus walau kita sudah tiada. “Jika manusia telah mati maka putuslah amalnya (kebaikannya) kecuali amalyang tiga macam ; 1. Sedekah jariah (yang tahan lama). 2. Ilmu yang membawa manfaat3. Anak saleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya” (HR Muslim)

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, barang siapa yang mengajak orang kepada keburukan, maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun“ (HR. Muslim).


Leave a Reply