Kiat Sukses UN Lulus 100%

  • 2

Kiat Sukses UN Lulus 100%

Category : Lain-lain

Sebentar lagi ujian nasional (UN) akan dilaksanakan. UN untuk SMA/SMK /MA, dan sederajat lainnya dilaksanakan pada 18 April 2011, dan UN untuk SMP/MTS dan sederajat lainnya dilaksanakan pada 25 April 2011. Tentu sebagai orang tua dan guru kita merasa harap-harap cemas. Takut anak-anak yang mengikuti UN itu tidak lulus. Kecemasan itu akan terasa bila kita berdiskusi dengan para orang tua, dan guru yang anaknya mengikuti UN tahun ini.

Bila orang tua dan guru cemas, tentu anak-anak akan lebih cemas lagi. Sebab kecemasan sudah mengganggu konsentrasi. Anak-anak seharusnya mendapatkan motivasi agar mendapatkan prestasi tinggi. Bukan justru mendapatkan rasa cemas dan was-was dari para orang tua dan guru. Mereka harus dibekali dengan kemampuan mengoptimalkan diri dalam memperoleh nilai UN yang luar biasa. Tentu itu tidak mudah bila kita tidak tahu caranya. Apalagi bila para guru sampai mendongkrak nilai siswa. Tentu ini merupakan tindakan tak terpuji, dan sekolah yang melakukannya akan mendapatkan sanksi seperti apa yang dituliskan koran kompas, Senin, 11 April 2011.

Untuk membuat semua siswa lulus 100 % sangat mudah caranya. Kita tak perlu sampai membocorkan soal-soal UN. Sebab pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan nasional telah mengatakan bahwa soal UN tak akan bocor. Cara yang paling tepat adalah mengajak anak-anak kita untuk mempersiapkan dirinya dengan baik. Bisa membuka situs-situs online yang didalamnya ada latihan soal-soal UN, dan perbanyak membaca buku yang berhubungan dengan materi UN. Tentu bukan hanya sekedar membaca saja, tetapi berlatih soal-soal seperti matematika dengan teman sebaya. Belajar kelompok bisa menjadi solusi. Dalam belajar kelompok itu mereka bisa saling berdiskusi tentang materi soal yang akan muncul di UN tahun ini. Mereka pun akan saling membaca dan melengkapi apa yang sudah mereka kuasai.

Kiat sukses UN agar seluruh siswa di sekolah lulus 100% adalah:

  1. Happy :biggrin:
  2. Baik 🙂
  3. Ikhlas  :wub:

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah happy. Suasana sebelum UN haruslah menyenangkan siswa. Baik di rumah maupun di sekolah siswa harus dalam kondisi menyenangkan. Bila kondisi menyenangkan atau happy sudah tercipta, maka pelajaran yang susah menjadi serasa mudah. Anak-anakpun pada akhirnya akan merasakan kenyamanan dalam belajar. Suasana happy ini harus tercipta di setiap sekolah kita. Anak harus dilayani dengan baik, dan ajak mereka untuk berdiskusi dimana letak kesulitan yang mereka alami. Bila di sekolah sudah terlayani dengan baik, maka pelayanan di rumah pun harus baik. Para orang tua harus penuh kasih sayang membimbing putra-putrinya untuk mampu belajar dengan suasana yang menyenangkan. Bila itu terwujud, maka dijamin anak anda pasti lulus dengan nilai yang luar biasa. Hal itu sudah saya buktikan sendiri setelah hampir 17 tahun menjadi seorang guru.

Hal kedua yang harus dperhatikan adalah baik. Anak-anak harus diyakinkan bahwa tujuan UN itu baik. Bila mereka telah memahami bahwa tujuan UN itu baik, maka niatan baik akan tercipta. Sesuatu yang dimulai dari sebuah kebaikan pastilah akan mendapatkan kebaikan. Sebab hadiah pertama dari kita berbuat baik adalah kebaikan. Orang baik pasti rezekinya baik. Orang baik, pasti nilai UNnya baik. Sebab dilakukan dengan cara-cara yang baik, dan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku. Orang baik pasti akan berusaha keras untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Yakinkan diri bahwa mereka akan mendapatkan nilai terbaiknya.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah Ikhlas. Hadapi UN dengan penuh keikhlasan hati. Bila segala sesuatu dilakukan dengan ikhlas akan bernilai ibadah. Keikhlasan hati akan membuat sesuatu yang awalnya berat menjadi terasa ringan. Suasana hati yang ikhlas akan mendekatkan diri kepada Allah. Tuhan Yang Maha Memiliki Ilmu. Kitapun akan dimudahkan dalam mencerna dan menyerap semua materi pelajaran yang akan diujikan. Keikhlasan hati harus ada dalam diri anak-anak kita yang akan mengikuti UN. Dengan keikhlasan hati, maka segala urusan akan diserahkan kepada Ilahi Robbi. Allah tempat meminta, dan mintalah kepadanya agar mendapatkan nilai yang tinggi. Kerjakan soal-soal UN dengan penuh keihlasan hati, maka sang pemilik ilmu akan memberikan ilmu kepada hambanya yang TAKWA.

Happy, baik, dan ikhlas harus menjadi kiat sukses agar peserta didik kita di sekolah lulus 100%. Namun ada 10 hal penting yang harus diperhatikan oleh para peserta UN agar mendapatkan nilai terbaik, yaitu:

  1. Siapkan kartu peserta UN dengan baik, dan jangan sampai tertinggal. Kalau perlu dilaminating atau dititipkan secara kolektif di sekolah.
  2. Disiplin soal waktu harus dijaga. Datanglah lebih pagi agar bisa menikmati segarnya pagi di sekolah.
  3. Lengkapi peralatan ujian seperti pensil, balpoint, penghapus, penggaris, papan LJK, dan lain-lain.
  4. Tuliskan identitas diri dengan benar dan lengkap di Lembar Jawaban Komputer atau LJK.
  5. Kerjakan soal-soal UN dengan penuh ketenangan dan fokus kepada tujuan.
  6. Awali kegiatan dengan berdoa kepada Allah, Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
  7. Dahulukan soal yang mudah baru kerjakan soal yang susah.
  8. Perhatikan waktu dengan baik, dan bila kamu sudah selesai mengerjakan soal, periksa kembali jawabanmu.
  9. Jangan terburu-buru keluar ruangan, dan cek sekali lagi apa yang sudah kamu tuliskan.

Semoga bermanfaat, dan mari kita berdoa agar anak-anak kita di sekolah lulus UN 100 %.

 

Sumber: http://wijayalabs.com


2 Comments

andi gunawan

22 Juni 2011 at 7:12 am

:biggrin: i agreee ,, kalo kita hadapi un dg enjoy,, dan optimis, pasti un bakalan jadi hal yang menyenangkan,,
ingat!!!!, jangan kalah sebelum berperrang

Rock

6 Mei 2016 at 2:18 pm

don’t know if you read this but hopefully..This error is because a connection to the database was not possible. Check your host, database, username and password. And make sure you have permissions.I made a local installation and had to point out my sock.tmp to make it work. I.e. Host: losqohoct:/tmp/mysal.sockHlpe this helps!   

Leave a Reply