Monthly Archives: Februari 2016

  • 0

Mengajar mempunyai nilai kebaikan yang tinggi di mata Tuhan

Category : Lain-lain

  1. Mengajar lebih baik dari sholat sunah 1000 rakaat. “Pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik dari pada shalat sunah seribu raka’at. dan kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah lebih baik bagimu dari pada shalat sunah seratus rakaat” (HR. Ibnu Majah).
  1. Pahala mengajar sama dengan berjihad. “Barang siapa yang datang ke masjidku ini (tempat belajar) dengan berniat hanya untuk belajar atau mengajarkan kebaikan, maka kedudukannya sama dengan orang yang berjihad di jalan Allah. Dan siapa datang untuk tujuan yang lain, maka ia seperti orang yang mendatangi barang orang lain” (HR. Ibnu Majah)
  1. Pahala mengajar sama dengan berhaji. “Barang siapa pergi ke masjid (sekolah) hanya untuk belajar tentang kebaikan ataumengajarkannya, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang berhaji secara sempurna”(HR. Thabrani).
  1. Mengajar adalah sodakoh. “Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguh nya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat”. (HR. Ar-Rabi’).
  1. Pahala amalnya tidak akan putus walau kita sudah tiada. “Jika manusia telah mati maka putuslah amalnya (kebaikannya) kecuali amalyang tiga macam ; 1. Sedekah jariah (yang tahan lama). 2. Ilmu yang membawa manfaat3. Anak saleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya” (HR Muslim)

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, barang siapa yang mengajak orang kepada keburukan, maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun“ (HR. Muslim).


  • 0

BAKAT TERPENDAM JIWA ISLAMIKU

Category : Info Sekolah

DSC04654       Dalam rangka Attasyakkur Lil Ikhtitan Harlah ke-20 pondok pesantren Nurul Haromain, Siswa SMK Ma’arif 2 Temon ikut serta merayakan dengan mengikuti festival music akustik dan Acapella pada hari kamis pon, 18 Februari 2016 pukul 13.00 s/d selesai. Para siswa berlatih di mushola didampingi oleh bpk.Ina Fatkhammubina beserta kawan-kawan dari Pondok Pesantren Sirukem yang merupakan senior dalam latihan hadroh tersebut. Tak heran jika siswa yang mengikuti hadroh tersebut hanya deDSC04657ngan beberapa kali latihan saja mereka sudah menguasai ilmunya. Dikarenakan sebagian besar dari mereka telah mengikuti hadroh di desa mereka masing – masing. Kumpulan siswa dari berbagai desa bersatu menjadi satuan hadroh SMK Ma’arif 2 Temon. Walau peralatan yang digunakan hanya meminjam dari Pondok pesantren tapi tidak mengurangi semangat mereka, justru mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam seni hadroh. Mereka berharap agar seni hadroh di SMK Ma’arif 2 Temon dapat berjalan dengan lancar, maksimal dan layak untuk ditampilkan di khalayak umum, sekolah bisa menyediakan peralatan hadroh milik sendiri dan dapat digunakan untuk kegiatan sekolah.


  • 0

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Category : Info Sekolah

DSC04655 Tak terasa waktu semakin cepat berlalu, dan kini telah tiba saatnya untuk Ujian Praktek Kompetensi keahlian  di SMK Ma’arif 2 emon. Uji kompetensi kDSC04640eahlian dilaksanakan pada hari senin, tanggal 15 Februari 2016. Semua siswa kelas XII khususnya jurusan Teknik kendaraan ringan dan Teknik komputer dan jaringan mempersiapkan diri dari mental, hingga kematangan dalam praktek yang akan diuji nantinya. Selama beberapa hari para siswa latihan dan latihan di bengkel masing-masing hingga sore hari, tak kenal lelah demi mendapatkan nilai yang maksimal. Guru-guru produktifpun mengajari para siswa dengan begitu sabarnya, demi mereka semua dapat berhasil dengan baik. Keberhasilan seorang siswa adalah kebanggaan tersendiri bagi semua guru. Dan kegagalan siswa merupakan kesedihan  bagi guru. Guru dan siswa merupakan komponen yang saling terikat satu sama lain. Oleh kerena itu jika guru dan siswa dapat saling berinteraksi dengan baik, maka keberhasilan para siswa sudah berada di depan mata.

      Pagi ini, hari Senin , tanggal 15 Februari 2016 mulai pukul 06.30 WIB anak-anak yang akan praktek di hari itu sudah berkumpul di tempat masing-masing. Rasa takut, bingung, dan was-was merasuki jiwa mereka. Banyak tingkah yang mereka lakukan pagi itu, dari yang bolak-balik kamar mandi, mondar-mandir dan ada pula yang konsentrasi belajar . Setelah pukul 07.00 WIB tepat, ujian praktekpun di mulai, anak-anak mulai memasuki ruangan dan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, tapi ketika pengawas eksternal berada di tengah-tengah mereka, suasana mulai membeku dan seketika ingatan mereka mulai goyah dengan adanya pengawas tersebut. Perasaan bingung dan lupa-lupa ingatpun menyelimuti sekujur tubuhnya. Tapi semakin lama semakin yakin bahwa mereka harus bisa menyelesaikan ujian praktek kali ini, demi kesuksesan di depan mata.  Waktu berputar cepat dan tak terasa waktu ujian pun telah berakhir, dan tanpa mengecewakan semua siswa dapat melalui ujian praktek dengan baik.


  • 0

KEJUARAAN LOMBA LKS

Category : Uncategorized

          SMK Ma’arif 2 Temon yang dipandang sebelah mata oleh sekolah-sekolah lainnya, tidak menghancurkan semangat dan prestasi para siswa yang belajar di sekolah tersebut. Bahkan menjadi tombak untuk bisa menyaingi sekolah tersebut dengan kegigihan belajar para siswa.

Kegigihan belajar tersebut telah diuji dalam suatu perlombaan kompetensi siswa SMK tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 7-8 November 2015.

Beberapa hari siswa yang mengikuti lomba telah dilatih dengan sungguh-sungguh oleh guru kejuruan masing-masing. Dan ketika waktu perlombaan telah tiba, ternyata membuahkan hasil yang sangat membanggakan sekolah dengan meraih kejuaraan dalam lomba tersebut.

Hasil kejuaraan tersebut antara lain :DSC04636

  1. Juara II bidang information technology diraih oleh Jamal Susanto (Siswa Kelas XII TKJ )
  2. Juara Harapan II bidang Teknik Otomotif diraih oleh Nur Kholis (Siswa Kelas XII TKR1 )
  3. Juara Harapan III bidang Teknik Sepeda Motor diraih oleh Ryan Sandi Prayogo ( Siswa Kelas XII TSM )

Beberapa kejuaraan tersebut di atas, telah membuktikan bahwa SMK Ma’arif 2 Temon dapat bersaing dengan sekolah yang lain.


  • 1

SHOLAT ISTISQO’ MEMBAWA BERKAH

Category : Uncategorized

DSC04281

                    Hari berganti hari hingga bulan berganti bulan, tetapi tidak ada satu tetes air hujan yang turun ke bumi tercinta ini. Tak ada rumput yang berwarna hijau, bahkan dedaunan di pepohonan terlihat menguning. Tak lain juga dengan manusia yang mengalami kekeringan.

            Ya Allah Ya Robbi

            Apa dosa hambamu ini

            Hingga engkau memberikan kemarau yang sangat panjang

            Pepohonan pada mati dan manusia mengalami kekeringan

            Ampunilah segala dosa-dosa kami Ya Robbi

            Turunkanlah hujan ke bumi tercinta ini

Melihat kondisi yang seperti ini, SMK Ma’arif 2 Temon melaksanakan Sholat Istisqo’ yang bertujuan untuk meminta doa kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Sholat tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 November 2015. Banyak siswa dan guru yang antusias mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa hari setelah pelaksanaan sholat tersebut, akhirnya hujan turun dan mengguyur semua yang menghuni bumi ini, khususnya di SMK Ma’arif 2 Temon.