Monthly Archives: September 2010

  • 1

Kembali Masuk Sekolah dan Halal Bihalal

Category : Info Sekolah

Hari ini sang mentari pagi begitu indah memancarkan sinarnya. Seindah suasana hati kami yang saling maaf memaafkan di hari pertama masuk sekolah kembali. Rasanya liburan lebaran Idul itri begitu cepat berlalu, dan hari ini kami masuk kembali ke sekolah sebagai rumah kedua kami. Ada rasa bahagia karena bertemu kembali dengan civitas akademika sekolah (guru, siswa, dan karyawan sekolah). Berhalal bihalal saling memaafkan atas segala kekhilafan yang telah terjadi. Kembali ke sekolah dengan tenaga dan semangat baru. Semangat yang menggebu-gebu untuk kembali belajar dan mengukir prestasi.

Halal bi halal memang telah menjadi tradisi atau budaya di sekolah kami. Para peserta didik berkumpul dan berbaris di lapangan upacara untuk mengikuti Upacara Bendera yang rutin setiap hari Senin dilaksanakan. Dengan penuh kesadaran tinggi mereka berbaris rapih sesuai dengan kelasnya masing-masing. Tak ada paksaan sebab mereka melakukannya dengan penuh keikhlasan yang disertai dengan senyuman. Senyuman termanis dari para peserta didik dan pendidik yang kami lihat di hari pertama masuk sekolah. Hari pertama yang membersihkan jiwa.

“Read More”


  • 0

Halal Bihalal Guru dan Karyawan di Rumah Bapak Nugroho

Category : Info Sekolah

Dalam rangka mempererat tali silaturrahim keluarga besar SMK Ma’arif 2 Temon, di bulan Syawal ini sekolah melaksanakan kegiatan halal bihalal. Kegiatan ini merupakan agenda sekolah yang dilaksanakan setiap tahun. Tempat kegiatan dilaksanakan secara bergilir di rumah Bapak/Ibu Guru dan Karyawan. Halal bi Halal kali ini dilaksanakan di rumah Bapak Nugroho SE, S.Pd. pada hari ini yang beralamat di Dusun Macanan Desa Glagah Kecamatan Temon. Hadir dalam kegiatan ini adalah 90% keluarga besar SMK Ma’arif 2 Temon beserta keluarganya.

Acara halal bi halal berlangsung meriah dan khidmat dengan pembawa acara Pak Zubbaidi, S.Ag. dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kitab suci Al-Quran oleh Pak Ina F.
  3. Sambutan dari keluarga Pak Nugroho
  4. Sambutan Kepala Sekolah
  5. Ikrar halal bi halal diwakili oleh Pak Saifulloh, S.Ag.
  6. Keutamaan Silaturahmi (Pengajian) diisi oleh Pak K.H. dari MAN Wates
  7. Istirahat (makan bersama)
  8. Penutup
  9. Acara diakhiri dengan jabat tangan.
“Read More”

  • 1

Sugeng Riyadi 1 Syawal 1431 H

Category : Info Sekolah

Keluargi Ageng SMK Ma’arif 2 Temon ngaturaken Sugeng Riyadi 1 Syawal 1431 H. Taqoballahu minna wa minkum, taqobbal ya kariim, wa kullu amin wa antum bil khair. Minal aidin wal faizin.  Mugi Gusti Allah tansah paring hidayah, maghfirah saha barokah dumateng keluargi ageng SMK Ma’arif 2 Temon lan panjenengan sedaya. Rahayu ingkang tinemu, sembada ingkang sinedya, jumbuh ingkang ginayuh.


  • 1

Asal Usul Ucapan Selamat Di Hari Raya Idul Fitri

Category : Lain-lain

Rasulullah biasa mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum kepada para sahabat, yang artinya semoga Allah menerima aku dan kalian. Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

Beberapa shahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang artinya puasaku dan puasa kalian. Jadi ucapan ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.

Kemudian, untuk ucapan minal ‘aidin wal faizin itu sendiri tidak pernah dicontohkan, sepertinya itu budaya orang Indonesia. Yang sering salah kaprah adalah ucapan tersebut biasanya diikuti dengan “mohon maaf lahir dan batin”.
Jadi seolah-olah minal ‘aidin wal faizin itu artinya mohon maaf lahir dan batin. Padahal arti sesungguhnya bukan itu. Minal ‘aidin artinya dari golongan yang kembali. Dan wal faizin artinya dari golongan yang menang. Jadi makna ucapan itu adalah semoga kita termasuk golongan yang kembali (maksudnya kembali pada fitrah) dan semoga kita termasuk golongan yang meraih kemenangan.

Manakah diantara kalimat-kalimat di bawah ini yang benar?

“Read More”

  • 1

Hukum Shalat Jum’at Ketika Hari Raya Eid Jatuh Pada Hari Jum’at

Category : Lain-lain

Pertanyaan:

Ketika Hari Raya Idul Adha atau Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, apakah kewajiban shalat Jum’at menjadi gugur? Apakah cukup dengan shalat Ied saja tanpa melakukan shalat Jumat?

Jawaban Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad:

Permasalahan yang ditanyakan merupakan satu masalah yang menjadi perbedaan pendapat para ulama. Perbedaan ini berangkat dari perbedaan mereka dalam menshahihkan hadits dan asar seputar masalah ini dalam satu sisi, dan makna yang dimaksud olehnya dalam sisi lain.

Di antara hadits tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasa`I, Ibnu Majah dan Hakim dari Iyas bin Abi Ramlah asy-Syami, dia berkata, “Saya melihat Mu’awiyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqam r.a., “Apakah ketika bersama Rasulullah saw. engkau pernah menjumpai dua hari raya bertemu dalam satu hari?” Zaid bin Arqam menjawab, “Ya, saya pernah mengalaminya”. Mu’awiyah bertanya lagi, “Apa yang dilakukan Rasulullah saw. ketika itu?” Dia menjawab, “Beliau melakukan shalat Ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan shalat Jumat. Beliau bersabda, “Barang siapa ingin melakukan shalat Jumat maka lakukanlah.”

“Read More”


  • 1

Alasan Saya Memakai Kerudung dan Berbaju Jilbab

Category : Lain-lain

Rasulullah Muhammad SAW terkenal dengan Al-Amin, yaitu terpercaya, tidak pernah bohong. Gelar ini didapat sejak sebelum beliau menjadi Nabi. Gelar ini pula diberikan oleh Abu Jahal jauh-jauh hari sebelum diutus menjadi Rasulullah. Gelar yang diakui oleh seluruh masyarakat jika memang Rasulullah Muhammad SAW tidak pernah berbohong sedikit pun sejak kecil hingga dewasa.

السلام عليكم . بِسْــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم.لا إله إلاَّ الله.محمد رسو ل الله

الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

Setelah kita tahu bahwa Rasulullah Muhammad SAW bukan hanya sebagai panutan & teladan bagi kita, tapi juga memiliki gelar AL-AMIN yang tidak pernah berbohong sedikit pun sejak kecil, dan sebagai bahan renungan… Apakah saudara terutama saudari percaya pada Hadits ini?

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: Ada dua golongan penghuni neraka yg belum kulihat, seorang bawa cambuk bagai ekor sapi memukuli orang &  WANITA BERPAKAIAN TAPI TELANJANG, JALAN LENGGAK-LENGGOK, KEPALA BAGAI PUNUK ONTA MIRING, TAK AKAN MASUK SURGA & TAK AKAN MENCIUM BAU SURGA. & SUNGGUH AROMA SURGA TERCIUM DARI JARAK SEKIAN SAMPAI SEKIAN. HR.Muslim

“Read More”